ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 1
( APKG – PKP 1 )
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1. NAMA :
2. NIM :
3. TEMPAT MENGAJAR/UJIAN : SDN NO
4. KELAS : IV
5. MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
6. WAKTU :
7. TANGGAL :
|
PETUNJUK
Bacalah dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa, kemudian nilailah semua aspek yang terdapat di dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
merumuskan tujuan/indikator perbaikan pembelajaran
1.1 Mengunakan bahan perbaiakan pembelajaran
yang sesuai dengan standar kompetensi
1.2 Merumuskan tujuan/indikator perbaiakan
Pembelajaran
Rata-Rata 1 = A
2. Mengembang dan mengorganisasikan materi,
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi
Perbaikan pembelajaran
2.2 Menentukan dan mengembangkan dan alat bantu
Perbaikan pembelajaran
2.3 Memilih sumber belajar
Rata-Rata 2=B
3. Merencanakn skenario perbaikan pembelajara
3.1 Menentukan jenis kegiatan pembelajaran
3.2 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran
3.3 Menentukan alokasi waktu perbaikan pembelajaran
3.4 Menentukan cara-cara memotivasi siswa
3.5 Menyiapkan pertanyaan Rata-rata 3=c
4. Merencana pengelolaan kelas
4.1 Menentukan penataan ruang dan fasilitas belajar
4.2 Menentukan cara-cara mengorganisasikan siswa
agar dapat berpartisipasi dalam perbaikan
pembelajaran Rata-Rata 4=D
5. Merencanakan prosedur, jenis, dan menyiapkan
alat penilaian pembelajaran
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian
5.2 Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban
Rata-Rata 5=E
6. Tampilkan dokumen perbaikan pembelajaran
6.1 Kebersihan dan kerapian
6.2 Penggunaan bahasa tulis
Rata-Rata 6=F
Nilai APKG 1 = R
R = A + B + C + D + E + F = _________ =
6
|
Guru Pamong
________________
NIP.
|
Kerinci,__Oktober 2011
Mahasiswa
DOPI IRAWAN
NIM.
|
Kepala Sekolah
SDN NO,
___________________
NIP.
|
Supervisor
_________________
NIP.
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU – PKP 2
( APKG – PKP 2 )
LEMBAR PENILAIAN
KEMAMPUAN MERENCANAKAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
1. NAMA :
2. NIM :
3. TEMPAT MENGAJAR/UJIAN : SDN NO
4. KELAS : IV
5. MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
6. WAKTU :
7. TANGGAL :
8. KELOMPOK BELAJAR :
9. UPBJJ-UT :
PETUNJUK
1. Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung.
2. Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa.
3. Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini.
4. Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran, pilih salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan.
1. Melakukan pembelajaran
a. Melakukan tugas rutin kelas.
b. Menulis kegiatan pembelajaran.
c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan,siswa, situasi, dan lingkungan.
d. Melaksanakan kegiatan dalam urutan yang logis dan sistematis.
e. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara individual, kelompok, atau klasikal.
f. Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
g. Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan.
h. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien.
i. Mengakhiri kegiatan pembelajaran.
|
Rata-rata butir 1=P
|
2. Mengelola interaksi kelas
a. Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian kepada siswa
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
c. Melakukan kominakasi secara efektif.
d. Mengembangkan hubungan antar pribadi yang sehat dan serasi.
e. Menghargai keragaman siswa serta membantu siswa menyadari kelebihan dan kekurangannya.
f. Membantu menumbuhkan kepercayaan diri siswa.
|
Rata-Rata butir 2=Q
|
3. Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran mata pelajaran tertentu.
a. Bahasa Indonesia
a. Mendemonstrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia.
b. Memberikan latihan keterampilan berbahasa.
c. Memberikan latihan keterampilan mengapresiasi sastra.
d. Mengembangkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dan bernalar.
e. Memupuk kegemaran membaca.
|
Rata-Rata butir C.1=R
|
b. IPA
a. Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung.
b. Meningkatkan keterlibatan siswa melalui pengalaman langsung.
c. Menerapkan konsep IPA dalam kehidupan sehari-hari.
d. Menampilkan penguasaan IPA.
|
Rata-Rata 3C=R
|
4. Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
1) Melaksanakan penilaian pada awal pembelajaran.
2) Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran.
3) Melaksanakan penilaian pada akhir pembelajaran.
|
Rata-rata butir 4= S
|
5. Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
1) Penguasaan substansi.
2) Peka terhadap kemampuan berbahasa.
3) Penampilan guru dalam pembelajaran.
4) Keefektifan pembelajaran.
|
Rata-rata butir 5=T
|
Catatan singkat penilai tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru, serta perbaikan.
Nilai APKG 1=R
R=P+Q+R+S+T=
6
Guru Pamong
________________
NIP.
|
Kerinci,___Oktober 2011
Mahasiswa
DOPI IRAWAN
NIM.
|
Kepala Sekolah
SDN NO,
_______________
NIP.
|
Supervisor
______________
NIP.
|
I. Penilaian
A. Membaca Pantun
Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu
Bersenang-senang kemudian
Di sini gunung di sana gunung
Di tengah-tengah bunga melati
Di sini bingung di sana bingung
Karna saya sdang diuji
Mahasiswa
DOPI IRAWAN
NIM.
I. Penilaian
A.Kinerja Ilmiah
Istilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.Mata adalah alat indra untuk.............
2.Bagian mata berwarna di namakan.................
3.Agar mata kita tetap sehat di rawat secara........
B.Kunci jawaban
1.melihat
2.pupil
3.baik dan teratur
Mahasiswa
DOPI IRAWAN
NIM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar