Rabu, 23 April 2014

Monografi Desa Tebat Ijuk Dili

Monografi Desa Tebat Ijuk Dili
Desa Tebat Ijuk Dili Kecamatan Depati VII berada Kabupaten Kerinci yang terletak di antara (01041- 02002 26) Lintang Selatan dan diantara (100 108 -100140) Bujur Timur. Daerah ini beriklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 22oC.

Sedangkan batas - batas Desa Tebat Ijuk Dili Sebagai berikut :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Desa Tebat Ijuk
  • Sebelah Timur Berbatasan denga Desa Sungai Medang
  • Sebelah Selatan Berbatasan dengan Desa Koto tuo
  • Sebelah Barat Berbatasa dengan Desa Sekungkung
Kecamatan Depati VII mempunyai luas 3.149,4 ha (3,15 km2) yang terletak disepanjang perbukitan mulai dari Desa Belui Tinggi sampai Desa Semumu, berbatasan langsung dengan TNKS. Dengan ketinggian 500 m - 700 m DPL dan merupakan sumber utama dari sayuran dan Hortikultura kecamatan Depati VII. Desa Tebat Ijuk Dili merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Depati VII.
Berdasarkan hal tersebut diatas Kecamatan Depati VII merupakan dataran tinggi dengan suhu 18 – 30 0c dengan kemiringan tanah berkisar 2 sampai 40, dengan demikian diharapkan aliran pengairan areal persawahan dapat terairi dengan lancar dan cukup sehingga tidak mengganggu siklus musim tanam.

Sedangkan batas-batas Kecamatan Depati VII adalah sebagai berikut :
·         Sebelah Utara berbatas dengan kecamatan Air hangat
·         Sebelah Timur berbatas dengan kecamatan Air Hangat Timur
·         Sebelah Selatan berbatas dengan Kota Sungai Penuh
·         Sebelah Barat berbatas dengan Pesisir Selatan
Penggunaan lahan sampai tahun 2011 sebagian besar merupakan kawasan areal persawahan dengan luas lebih kurang  65,00 Ha 86,67 % sedangkan sisa seluas 10,00 Ha atau 13,33 % adalah kawasan  yang dapat dilaksanakan untuk kegiatan budidaya  dan aktifitas pembangunan lainya. Dari luas kawasan budidaya tersebut hanya seluas 4,00 Ha merupakan lahan bukan sawah.
Iklim, hasil Pencatatan secara rutin yang dilakukan Lembaga Meterologi Kabupaten Kerinci, iklim di Desa Tebat Ijuk Dili Kecamatan Depati VII termasuk beriklim basah dalam zona agroklimaks (iklim tanpa bulan kering). Berdasarkan hal  tersebut  Desa Tebat Ijuk Dili Kecamatan Depati VII mreupakan datran tinggi dengan suhu 18 – 300c dengan curah hujan rata-rata 118, 10 mm/tahun dan rata-rata 13 hari hujan/bulan dan pada kahir-akhir ini musim hujan sangat berpengaruh  terhadap musim  tanam berikutnya sehingga musim tangan dengan IP 200.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar