Senin, 28 April 2014

Sejarah Singkat Tebat ijuk


Sebelum menjadi nama desa Tebat ijuk , dahulu desa Tebat ijuk bernama Kota larat. Pada awalnya desa ini dibagi menjadi empat wilayah jure yaitu : jure Dusun dusun mudik, jure Kampung Dalam, jure Dusun Tengah dan  Jure Dusun Dili.. keempat jure ini   dibawah satu wilayah bernama Koto Larat nama Koto Larat yang berati  tingkat kehidupan masyarakat waktu itu  masih rendah.

Menurut cerita zaman dulu “Kota Larat diganti menjadi Tebat Ijuk”, nama desa Tebat Ijuk diambil dari nama yang mana dihulu desa Tebat Ijuk hampir habis dikarenakan diterjang sungai Yang sekarang bernama Batang Merao.Melihat keadaan  tersebut maka tokoh-tokoh masyarakat mengadakan musyawarah untuk memindahkan aliran Batang Merao tersebut ke arah Timur Desa .Setelah musyawarah tersebut dilaksnakan maka masyarakat bersama-sama dengan tokoh-tokoh masyarakat bersama-sama bergontong royong membendung(menebat) aliran sungai tersebut dengan cara menggunakan IJUK yang diambil pohon Enau. Setelah keberhasialn membendung sugai tersebut,muncul ide dari tokoh-tokoh masyarakat pada zaman itu untuK mengganti nama Desa KOTA LARAT  menjadi Desa TEBAT IJUK.  Maka Tokoh-tokoh Masyarakat bersama warganya berkumpul Di rumah GEDANG (rumah Adat) bermusyawarah bersama-sama untuk mengganti Nama Desa KOTO LARAT Menjadi Desa TEBAT IJUK. Untuk menjalan roda pemerintahan maka diadakan lagi pemilihan Kepala Desa dan yang terpilih bernama ALI SURA.
         semejak kepemimpinan ALI SURA Masyarakat mulai membangun fasilitas-fasitas desa. pembangunan tersebut seperti : Peembangunani masjid lama yang berdinding papan yang beratapkan Ijuk, masjid ini bernama Masjid Jamik.
              Pada tahun 2010 desa tebat ijuk di mekarkan menjadi dua desa yaitu  Desa Tebat Ijuk dan Tebat Ijuk Dili.
              Dan pada tahun 2011 dilaksanakanlah pemilihan kepala desa yang pertama kali untuk Desa Tebat Ijuk Dili dan adapun sistem pemilihan sama dengan pemilihan umum pada biasanya yang di pilih langsung oleh Masyarakat.      
Adapun Kepala Desa Yang pernah memerintah Desa Tebat Ijuk adalah:
                    
1.      Ali Sura          
2.      Thalib Ali                   
3.       M.Cayo Dpt
4.       TK.Merah Husin
5.       M. Tarimo. Dpt
6.       Nukman .Rio.
7.       Armen. Dpt
8.       Rabai’in Rio.
9.       Drs. Usmanadi

10.  Lahmiur. Spt
11. Humaidi Khatib (Kades Tebat Ijuk periode 2013-2019)
12. Ajusar (Kades Tebat Ijuk Dili Periode 2012 -2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar