Kamis, 01 Mei 2014

8 danau terluas di Indonesia




1. Danau Toba ( 107.216 Ha )
Danau Toba adalah sebuah danau Tektovulkanik terbesar di Sumatera yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias , menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Danau Towuti ( 59.840 Ha )
Danau Towuti merupakan danau terbesar di Sulawesi Selatan dan juga merupakan danau air tawar terbesar kedua se-Indonesia dengan luas permukaan yaitu 561 km2 setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Danau yang memiliki kedalaman maksimal 203 meter ini berada di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Danau Towuti sendiri berada dalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Propinsi Sulawesi Selatan yang berada di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia.

3. Danau Sentani (34.375 ha. )
Danau Sentai terletak di bumi cendrawasih Papua memiliki luas 34.375 ha. Danau terluas di Jaya Pura ini adalah danau vulkanik,sumber airnya berasal dari beberapa sungai.Disekitar danau sentani terdapat 24 kampung.Tersebar dipesisir dan pulau-pulau kecil yang ada ditengah danau.

4. Danau Poso ( 34.280 Ha )
Selain danau Towuti danau Poso juga terletak di Sulawesi Tengah,luas danau ini adalah 34.280 ha.Panjang 32 km dan lebar 16 km.Menurut pengakuan seseorang yang mengaku tinggal di daerah Danau Poso,danau Poso konon memiliki kekayaan ikan yang luar biasa.

5. Danau matano ( kurang lebih 16.000 Ha )
Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pula Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 meter (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menuru WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara
Keunikan dari danau ini adalah terdapat beberapa goa di bawah air. Goa - goa ini akan terlihat jelas bila air danau sedang surut, terlihat mulut goa yang menganga. Goa ini berada di bibir danau yang didalamnya terdapat peninggalan sejarah seperti tombak, parang, dan juga peralatan rumah tangga yang terbuat dari kuningan yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun. 

6. Danau Ranau ( 12.590 ha )
Danau Ranau adalah danau terbesar ke dua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung danKabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Provinsi Sumatera Selatan. Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar.danau ini memiliki luas sekitar 125,9 km persegi. 
Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk. keunikan di danau ini yaitu ditengah danau terdapat sebuah pulau yang bernamaPulau Marisa. Selain itu terdapat sumber air panas di sekitar danau yang sering digunakan oleh para wisatawan yang datang.

7. Danau Singkarak ( 10.780 ha )
Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar.
Danau ini memiliki luas 107,8 km² menjadikannya danau terluas ketiga di sumatera setelah danau toba dan danau ranau.

8. Danau Maninjau ( 9980 ha )
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.
Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding

Tidak ada komentar:

Posting Komentar