Kamis, 01 Mei 2014

SUNGAI TERPANJANG DI INDONESIA




Berikut adalah daftar sungai sungai terpanjang di Indonesia :

1.        Sungai Kapuas ( 1178 km )
Dan sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai.

2.        Sungai Mahakam ( 920 km )

Sungai Mahakam letaknyajuga dipulau Kalimantan tepatnya di  di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu,  hingga Kabupaten  Kutai Kartanegara dan KotaSamarinda di bagian hilir  Di sungai hidup spesies mamalia  kan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam. 

3.   Sungai Barito ( 900 km )
Sungai Barito atau disebut juga sungai Banjar merupkan sungai yang terletak di pulau Kalimantan. . Hulu sungai Barito berada di pegunungan Schwaner, membujur dari wilayah Kalimantan Tengah di bagian utara Pulau Kalimantan hingga bermuara di Laut Jawa. Yang unik dari sungai ini adalah mempunyai kegiatan pasar terapung.
4. Sungai Batanghari ( 800 km )
Sungai bantanghari merupakan sungai terpanjang dipulau sumatera dengan panjang sekitar 800 km . Aliran dari sungai ini melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi,  seperti Kabupaten Solok Selatan  Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari,  Kota Jambi,  Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur,  sebelum lepas ke perairan timur sumatera dekat Muara Sabak.
5. Sungai Musi ( 750 km )
Sungai Musi adalah Sungai yang berada di Sumatera selatan. Sungai ini adalah kebanggaan kota Palembang dan membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Sungai ini mempunyai panjang sekita 750 km  Sungai Musi disebut juga Batanghari Sembilan yang berarti sembilan sungai besar. Diatas sungai ini juga terdapat jembatan ampera yang merupakan ikon kota Palembang
6. Sungai Mamberamo ( 670 km )
Sungai membramo adalah sebuah sungai sepanjang 670 km yang terletak di sebelah selatan Pegunungan Foja Kabupaten Sarmi  Provinsi Papua  Nama "Mamberamo" berasal dari bahasa Dani — mambe berarti 'besar' dan ramo berarti 'air'. Beberapa suku terasing bermukim di lembah sungai yang kaya akan keanekaragaman hayati ini, karenanya Mamberamo dijuluki 'Amazonnya Papua'. Sungai Mamberamo merupakan sungai dengan lebar terbesar di Indonesia.
7. Bengawan Solo ( 548 km )
Bengawan Solo adalah sungai Terpanjang di Pulau jawa Bengawan Solo memiliki hulu yang terleteak di Pegunungan Kidul, Wonogiri ( Jateng ) dan bermuara di Kabupaten Gresik ( Jatim ). Sungai ini melewati beberapa kabupaten di provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, antara lain kabupaten Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten , Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, dan Gresik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar